• Status Order
  • Tlp: 0812 1626 6092
  • SMS/WA: 0813 2657 4744
  • BBM : 2BB8DFEB
  • kiss_jogja@yahoo.com
Terpopuler:

Hari Batik Nasional

08 November 2016 - Kategori Blog

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional – Apakah kamu sebagai anak bangsa Indonesia ingat tanggal berapa Hari Batik Nasional? Mungkin wajar kalau ada beberapa orang yang tidak tahu jatuh pada tanggal berapa hari batik nasional, karena bisa di bilang masih belum lama hari batik nasional di tetapkan. Nah coba kita bahas sedikit mengenai Hari Batik Nasional.

2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan Batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) di Abu Dhabi Uni Emirat Arab. Keputusan UNESCO sebagai Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan untuk mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia bukan tanpa sebab, Batik diakui dunia melalui upaya yang luar biasa oleh bangsa Indonesia.

Kamu masih ingat sekitar tahun 2008 ada berita tentang batik yang di klaim oleh negara tetangga? Hal inilah yang mendasari bangsa Indonesia untuk memperjuangkan bahwa Batik adalah budaya asli bangsa Indonesia dengan proses penominasian Batik Indonesia di UNESCO.

2 Oktober 2009 Sebagai Hari Batik Dunia

Walaupun harus menunggu berbulan-bulan, perjuangan inipun membuahkan hasil yang patut kita banggakan. Tanggal 2 Oktober 2009 dunia mengakui serta memberikan apresiasi sebagai HARI BATIK DUNIA “BATIK DAY” melalui UNESCO yang telah menetapkan Batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, keren kan? 😀
Penetapan tersebut pun ditindaklanjuti Presiden ke-6 Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono untuk menetapkan tanggal 2 Oktober 2009 sebagai “HARI BATIK NASIONAL“.

Mengapa batik disebut warisan budaya dunia nonbendawi? karena dalam hal ini yang diwariskan bukanlah benda batiknya, melainkan ilmu dan budayanya maka dari itu batik disebut sebagai warisan budaya dunia tak benda. Pada Hari Batik Nasional beragam lapisan masyarakat dari pelajar sampai karyawan dan pejabat pemerintahan disarankan untuk mengenakan Batik.

Jadi sudah selayaknya kita sebagai penerus bangsa yang bangga dengan budaya yang telah di akui dunia ini harus terus melestarikan batik sebagai budaya asli Indonesia dengan tidak hanya mengenakan batik tapi juga harus mengetahui pengetahuan yang berhubungan dengan batik agar tidak salah mengartikan batik yang sebenarnya, dan jangan lupa kita sepertinya harus berterima kasih kepada negara tetangga karena telah menyadarkan seluruh rakyat Indonesia untuk memegang andil dalam mempertahankan kebudayaan asli Bangsa Indonesia dan juga secara gak langsung karena merekalah tanggal 2 Oktober menjadi HARI BATIK Se-DUNIA. 😀

Saat artikel ini diterbitkan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tapi tidak ada batasan tanggal untuk bangga dengan Batik Indonesia yang sudah di akui seluruh dunia bukan? 🙂

sumber gambar: http://autotekno.sindonews.com/read/907236/133/batik-day-semarakkan-dunia-maya-1412222703

, , , , , , ,